Tips Foto Untuk Social Media Yang Cantik Dan Menarik

Tips Foto Untuk Social Media

Kini hampir semua orang memiliki medsos atau media sosialnya masing-masing, yaitu ada yang menggunakan Instagram, ataupun juga Facebook, serta VSCO, dan juga Tumbler, serta Twitter dan lain sebagainya, yang lalu menjadi media dan ajang untuk memamerkan kemampuannya di bidang fotografi, maupun untuk berlomba menarik sebanyak mungkin follower atau pengikut di medsos. Semakin menarik dan semakin cantik dan menarik berbagai koleksi foto yang dipajang di suatu akun medsos maka akan semakin banyak jumlah pengunjung maupun pengikut atau follower akun media sosial tersebut dan ini dapat menjadi sarana untuk menghasilkan pundi-pundi uang pendapatan dari internet. Berikut ini adalah beberapa tips foto untuk social media sebagai berikut.

Jaga Selalu Kebersihan Lensa

Selain guna menghindari smartphone yang kita pergunakan setiap hari itu menjadi sarang berbagai bakteri serta virus yang dapat mengganggu kesehatan kita, maka menjaga kebersihan smartphone termasuk juga dengan lensa kameranya akan memberikan hasil foto yang cemerlang dan berkualitas tinggi juga. Hal tersebut penting dijaga, meski sekilas mungkin dirasakan sebagai suatu hal yang sepele. Tapi kebersihan lensa smartphone atau kamera adalah sangat menentukan dan besar pengaruhnya terhadap kualitas foto yang dihasilkan. Lensa yang kotor oleh minyak tangan atau uap air atau debu atau berbagai jenis kotoran lainnya akan membuat foto yang dihasilkan akan ada noda yang mengganggu atau foto yang dihasilkan menjadi buram. Suatu hal yang sangat disayangkan sekali bukan. Momen indah yang terekam di kamera menjadi hilang dan rendah kualitas fotonya.

Perhatikan Baterai Smartphone

Pada saat sedang berfoto ria, jangan lupa juga perhatikan kondisi baterai smartphone yang digunakan untuk berfoto, jangan sampai momen yang indah dan langka, serta jarang terjadi yang telah lama ditunggu-tunggu jadi justru terlewatkan hanya gara-gara suatu hal yang sepele sebenarnya  yakni akibat smartphone menjadi mati dan tidak bisa berfungsi akibat daya baterainya habis. Salah satu solusinya adalah dengan selalu membawa power bank dan cek daya baterai atau siapkan smartphone yang telah dipastikan memiliki daya baterai yang cukup pada saat menunggu momen yang menjadi incaran obyek foto melintas atau terjadi. Memilih menggunakan smartphone yang telah dilengkapi dengan teknologi fast charging juga bisa membantu, jika tersedia fasilitas untuk melakukan charging baterai di lokasi pemotretan. Salah satu contoh momen penting tersebut ialah seperti pada saat ketika menunggu momen rusa melintas, atau menunggu ketika saat sunset atau sunrise tiba atau adanya bintang jatuh, dan lain sebagainya. Jangan sampai saat momennya tiba justru kita masih asyik aja memasang power bank atau justru smartphonenya menjadi mati kehabisan daya baterai atau smartphone menjadi tidak bisa berfungsi untuk mengambil foto.

Pelajari dan Hafalkan Tombolnya

Kemudian jangan lupa pelajari dan hafalkan betul dengan letak dan cara menggunakan fungsi tombol smartphone atau kameranya. Jangan sampai ketika momennya tiba justru menjadi panik dan obyek foto yang ditunggu-tunggu justru tidak dapat berfoto dengan baik.

Andalkan dan Asah Taste dan Instinct

Guna memilih obyek foto yang menarik maka cukup andalkan dan selalu asah kepekaan instinct serta tingkatkan taste memilih suatu obyek foto yang menarik. Perhatikan, leading lens nya, yakni pemandangan dan kondisi sudut lingkungan sekitar obyek foto yang akan mengarahkan pada sense of depth yang lalu berfokus pada obyek utama tema foto tersebut.

Perhatikan Kecukupan dan Arah Datangnya Cahaya

Lalu penting juga untuk memperhatikan kecukupan cahaya dan juga arah datangnya cahaya. Foto itu adalah mengenai cahaya. Perhatikan aperture pada smartphone, semakin kecil semakin bagus.

Cari Sudut dan Momen Foto yang Menarik

Kemudian jika seluruh sarana dan prasarananya telah siap maka selanjutnya adalah memilih sudut pengambilan foto yang paling menarik dan juga momen kejadian atau gerakan atau pose objek foto yang paling menarik. Banyak sedikitnya pengalaman akan bisa turut meningkatkan keterampilan pemotret dalam hal ini. Lakukan pemotretan dengan tenang dan pegang smartphone atau kamera dengan stabil dan mantab, sehingga foto yang dihasilkan bisa tidak goyang dan berkualitas bagus. Tripod atau pun kaki kamera juga tomsis akan bisa membantu.

Berkaryalah dengan sekreatif mungkin dan hasilkan foto-foto yang terindah dan menarik yang bisa dipajang di berbagai media sosial. Jangan lupa perhatikan beberapa tips foto untuk social media tersebut di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *