Tidak Perlu Debat! Ini Beda DSLR dengan Mirrorless

perbedaan kamera dslr dengan kamera mirrorles

Kamera mirrorless merupakan jenis kamera digital baru yang mulai menggeser kestabilan kamera DSLR. Bentuknya yang lebih compact membuat kamera ini mulai dilirik, kendati secara penampilan tidak seprofesional kamera DSLR. Pun begitu, teknologi yang tertanam pada kamera mirrorless tentu bukan kaleng-kaleng. Perdebatan mana yang terbaik di antara kedua jenis kamera ini juga tidak bisa dihindari, terlebih di forum-forum online. Kendati cocok atau tidak adalah hal yang sangat personal, tentu untuk membandingkan perbedaan kamera dslr dengan kamera mirrorless merupakan pengetahuan yang perlu anda pahami untuk bisa membedakan keduanya secara mendalam. Berikut ini hal-hal yang menjadi pembeda keduanya :

Jendela Bidik

Salah satu hal mendasar yang menjadi perbedaan kamera dslr dengan kamera mirrorless ada di sektor jendela bidik atau view finder. DSLR memiliki jendela bidik berupa Optical View Finder (OVF) yang merupakan rangkaian beberapa optik yang terdiri atas lensa di jendela bidik serta cermin pemantul gambar yang ditangkap lensa. Sistem ini memberikan gambaran yang real tentang kondisi objek foto dan bekerja tanpa membutuhkan baterai.

Sedangkan sistem jendela bidik pada kamera Mirrorless menghilangkan keberadaan cermin pemantul. Sistem ini digantikan dengan Electronic View Finder yang memberikan perbaikan pada hasil yang terpampang pada jendela bidik atau layar display. Sistem Electronic View Finder memberikan pengaruh signifikan pada hasil yang ditampilkan, dimana anda bisa mendapatkan gambaran terkait hasil foto yang serupa dengan apa yang ditampilkan sensor tersebut.

Konsep

Kamera DSLR pada dasarnya merupakan jenis kamera yang ditujukan untuk profesional. Kamera ini memiliki  bentuk yang mantap digenggam, cenderung sedikit lebih berat dan memakan tempat, namun lebih irit daya sehingga cocok untuk kebutuhan pemotretan atau videografi untuk waktu yang lebih lama. Body kamera DSLR juga lebih berat, dengan tujuan untuk menyeimbangkan dengan rangkaian lensa yang bobotnya juga tidak kalah berat. Kamera ini cocok untuk anda yang menyukai fotografi dengan mobilitas tinggi, keseimbangan yang baik, serta tampak lebih profesional.

Kamera Mirrorless ditujukan bagi anda yang ingin lebih mudah dalam pengoprasian kamera profesional dan compact. Kamera ini tidak memakan tempat, cenderung ringan, dan cocok bagi anda yang suka traveling. Kamera mirrorles bisa menjadi pilihan bagi anda yang mengutamakan fungsi terutama vloger dan bloger, karena cocok dipasangkan dengan tripod yang ringan ataupun monopod. 

Bobot dan Ukuran

Bobot dan ukuran kamera menjadi salah satu perbedaan kamera dslr dengan kamera mirrorless secara fisik yang cukup mencolok. Ukuran kamera DSLR pada umumnya lebih besar dibandingkan dengan kamera mirrorless. Beratnya juga sangat berbeda, dimana kamera DSLR juga jauh lebih berat. Beberapa hal yang mengakibatkan perbedaan di antara keduanya adalah ukuran baterai, ukuran sensor, serta tentunya keberadaan sistem optical view finder pada kamera DSLR. 

Bagi yang telah terbiasa mempergunakan kamera DSLR kemudian mempergunakan  kamera mirrorless tentu akan sedikit canggung. Pertama dari segi genggaman, dimana bentuk genggaman dan bobot mirrorless tidak semantap kamera DSLR. Kedua dari segi view finder, sebab beberapa kamera mirrorless kelas atas juga memiliki view finder yang terasa berbeda dari view finder DSLR. 

Daya Tahan

Daya Tahan baterai sering kali menjadi pertimbangan bagi anda yang mencari mobilitas tinggi dalam sebuah kamera. Secara teknis, kamera DSLR mampu bertahan lebih lama dibandingkan kamera mirrorless. Kamera mirrorless membutuhkan daya yang cukup besar, karena hal mendasar seperti view finder dan layar display akan menyala lebih lama dibandingkan display kamera DSLR. Dengan demikian, kendati misalnya kedua jenis kamera ini memiliki nilai baterai yang sama, bisa dipastikan kamera mirrorless akan lebih dahulu mati.  Tidak heran bila mereka yang memilih mirrorless sebagai kamera utama untuk berbagai kebutuhan termasuk traveling membekali beberapa baterai kamera sekaligus. Namun bagi mereka yang tidak masalah dengan beban yang lebih berat, kamera DSLR bisa menjadi teman setia sepanjang hari karena irit daya. Kamera mirrorless rata-rata bertahan setelah 300-400 jepretan, sementara kamera DSLR sanggup mencapai angka 600-700 jepretan. Itupun bila anda tidak terlalu sering melihat foto-foto hasil jepretan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *