Pilih Mana, Mode Auto Atau Manual Saat Memfoto Dengan DSLR

Pilih Mana Mode Auto Atau Manual Saat Memfoto Dengan Dslr

Kamera DSLR memang menawarkan berbagai kompleksitas fungsi yang ada di dalamnya. Tetapi, di dalam kompleksitas tersebut juga memiliki berbagai fitur yang akan memudahkan anda saat menggunakan kamera DSRL. Beberapa fitur tersebut adalah mode Auto dan mode Manual. Nah, yang menjadi pertanyaannya adalah saat memfoto dengan DSLR, dari kedua mode ini yang manakah yang dipilih? Mari simak ulasannya berikut ini.

Mengenal Mode Auto Dan Mode Manual Pada Kamera

Pada dasarnya kamera merupakan sebuah alat yang bermanfaat untuk menangkap cahaya dari sensor kamera. Nah, cahaya yang masuk ini pada akhirnya diterjemahkan oleh sensor yang kemudian menjadi sebuah gambar. Ketika cahaya yang diterima dari kamera kurang, maka gambar akan menjadi gelap dan di dunia fotografi disebut juga dengan Under Exposed. Sebaliknya ketika cahaya yang masuk ke kamera berlebih, maka gambar yang dihasilkan akan menjadi terlalu terang disebut juga dengan Over Exposed. Nah, agar bisa menghasilkan foto yang pas, maka produsen kamera menciptakan berbagai mode (fitur) guna memudahkan seseorang agar dapat menghasilkan foto terbaik. Yang jelas di setiap kamera digital, baik itu kamera mirrorless maupun kamera DSLR selalu menyediakan roda yang terletak di bagian atas kamera untuk membuat anda bisa memilih mode operasi kamera yang sesuai dengan kebutuhan, seperti mode auto dan manual.

Mode Auto

Biasanya mode ditandai dengan ikon kamera yang berwarna hijau dan disertai dengan huruf A. Pada mode ini, maka kamera akan mengatur semuanya bagi pengguna, dari mulai shutter speed, aperture, white balance, hingga ISO. Bukan hanya itu saja, pengaturan ini juga dapat membuat flash berfungsi tiba-tiba ketika kamera merasa cahayanya terlalu gelap. Selain itu dengan menggunakan mode Auto, kamera akan berusaha untuk menganalisis objek yang anda foto, kemudian menentukan semua setelan kamera.

 Mode Manual

Seperti namanya bahwa anda menentukan besar shutter speed dan aperture kamera secara manual sepenuhnya. Nah kamera akan melakukan pengukuran cahaya serta memberikan saran melalui skala metering. Menggunakan mode ini memerlukan pengetahuan yang mendalam bagaimana cara bermain kamera maupun fungsi-fungsi yang ada di dalamnya.

Pilih Mode Auto Atau Mode Manual?

Setelah mengetahui apa itu mode Auto dan mode Manual, maka anda ingin pilih mana, mode Auto atau Manual saat memfoto dengan DSLR? Sebenarnya jika ingin memilih hal ini tergantung kepada setiap pengguna kamera. Hal ini dikarenakan kedua mode ini menawarkan keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Seperti di mode Auto yang sangat menyenangkan untuk dipilih. Dengan kecanggihan teknologi yang ada saat ini, tentunya mode Auto akan mempermudah pengambilan gambar saat difoto.  Namun sayangnya hasil dari foto menggunakan mode ini dapat dikatakan tidak maksimal. Mengapa demikian? Karena di dalam mode Auto kamera menentukan aperture, shutter speed, ISO memakai alur kerja komputer dan ditentukan dari pembuat kamera sesuai dengan kondisi cahaya ketika anda memencet shutter separuh.

Ketika anda memotret di cahaya yang sedikit rumit, misalnya saja ketika sunset, maka kamera akan cukup bingung dan akan menghasilkan foto yang tidak sesuai keinginan. Namun anda bisa memilih menggunakan mode Auto ini ketika anda masih benar-benar pemula. Untuk anda yang belum paham mengenai konsep eksposur, yang baru saja membeli kamera, dan yang ingin belajar menggunakan kamera. Selain itu mode ini juga bisa dipilih ketika anda tidak mempunyai waktu yang cukup saat ingin mengatur pengaturan kamera ke mode anual.

Bagaimana dengan mode Manual? Mode Manual dapat anda pilih ketika anda memotret objek foto yang memiliki kondisi pencahayaan yang akan membuat kamera “bingung”. Misalnya ketika anda memotret seorang teman di pantai dengan cahaya yang sangat terang, kemungkinan kamera akan salah menilai exposure, dengan begitu wajah teman akan menjadi hitam agar pasir yang ada di pantai tidak over-exposed. Dari kondisi seperti ini tentunya anda dapat menggunakan mode manual. Hal ini dikarenakan Hasil pemotretan adalah foto yang akan lebih peduli terhadap wajah teman yang menomorduakan pantainya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *