Mengenal Beberapa Tipe-Tipe Lensa Kamera

Tipe Tipe Lensa Kamera

Bagi Anda yang merasa tertarik dengan bidang fotografi dan ingin membeli kamera, maka tentunya Anda harus tahu tipe tipe lensa kamera agar nantinya Anda bisa menggunakan kamera dengan baik dan menghasilkan foto-foto yang terbaik. Dengan menggunakan lensa yang bagus pun Anda juga bisa belajar fotografi dengan lebih baik lagi. Ada beberapa tipe tipe lensa kamera yang sebaiknya Anda ketahui saat Anda hendak belajar fotografi. Karena berbeda kebutuhan tentunya akan berbeda pula lensa terbaik yang digunakan. Sehingga dengan demikian sebaiknya Anda kenali dulu tipe tipe lensa kamera, agar Anda bisa membidik foto dengan lebih baik. Meski tentunya Anda akan perlu mengeluarkan biaya yang lebih untuk membiayai pembelajaran fotografi Anda ini, namun nantinya Anda pasti bisa menjadi fotografer yang profesional serta menghasilkan foto-foto yang baik, entah itu sebagai hobi atau sebagai profesi Anda nantinya.

Lensa Prime

Lensa prime ini sendiri dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu Fix Lens dan Zoom Lens. Pertama, kita akan membicarakan tentang fix lens terlebih dulu, fix lens ini adalah lensa yang panjang fokalnya tetap, artinya Anda tidak bisa melakukan zoom in dan zoom out dengan menggunakan lensa ini. Jika Anda ingin memperlihatkan objek dengan lebih fokus maka Anda harus mendekati objek tersebut sehingga objek bisa tampak lebih besar dan hasilnya fokus, begitu juga saat Anda hendak memperlihatkan objek dengan jarak yang jauh maka sebaiknya Anda berpindah posisi ke tempat yang jaraknya lebih jauh dari objek Anda tersebut. Kelebihannya saat Anda menggunakan fix lens ini maka Anda bisa mendapatkan efek bokeh yang lebih bagus selain itu fokusnya juga lebih tajam. Ada banyak merk kamera yang memproduksi fix lens yang bisa Anda pilih. Kedua, ada lensa prime berjenis zoom lens. Kebalikan dari fix lens, maka zoom lens ini sesuai dengan namanya bisa digunakan untuk melakukan zoom in dan juga zoom out yang tidak bisa dilakukan fix lens. Dengan demikian saat Anda hendak memotret menggunakan zoom lens maka Anda tidak perlu repot-repot berpindah posisi untuk mendapatkan fokus yang baik. Namun kekurangannya saat Anda menggunakan zoom lens, lensa ini sedikit lebih berat daripada fix lens dan juga hasil fotonya tidak sebaik dengan menggunakan fix lens.

Lensa Wide

Tipe kedua dari tipe tipe lensa kamera yang perlu Anda ketahui adalah lensa wide. Sesuai dengan namanya maka lensa wide ini memiliki sudut pengambilan gambar yang lebih lebar. Saat Anda menggunakan lensa wide maka Anda bisa mendapatkan fokal lensa dengan lebar 10 sampai 30 mm, sementara untuk mendapatkan vokal yang lebih lebar lagi maka Anda bisa mengandalkan fish eye. Untuk mengambil foto pemandangan dan objek yang lebar maka Anda bisa mengandalkan lensa wide ini. Untuk menggunakan lensa wide ini dibagi lagi menjadi beberapa lensa seperti ultra wide lens, wide lens, standard lens, tele lens dan juga super tele lens. Anda bisa memilih salah satu dari tipe tipe lensa kamera wide tersebut berdasarkan dari sudut pandang yang bisa didapatkan. Jika Anda ingin mendapatkan sudut yang paling lebar maka Anda bisa menggunakan ultra wide lens. Pastinya foto pemandangan yang diambil menggunakan lensa wide ini bisa sangat luas dan bagus hasilnya.

Lensa Tele Dan Makro

Tipe tipe lensa kamera selanjutnya adalah lensa tele dan makro. Pertama, lensa tele adalah lensa yang memiliki konstruksi panjang yang lebih kecil / pendek daripada panjang fokus yang dimilikinya, sehingga dengan demikian pusat opticnya akan berada di luar body lensa tersebut. Untuk lensa tele ini dibagi lagi menjadi dua tipe yaitu tele zoom dan tele non zoom, Anda bisa menggunakan lensa yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Kedua, ada lensa makro, dengan lensa makro Anda bisa membuat objek yang sebenarnya sangat kecil terlihat menjadi besar, lensa makro ini sangat baik jika Anda hendak memotret objek kecil seperti misalnya serangga, tetesan hujan, pasir, tanaman dan lain sebagainya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *