Kesalahan Ini, Bekal Anda Buat Jadi Fotografer Profesional

Kesalahan Yang Sering Dibuat Oleh Fotografer Pemula

Berprofesi sebagai fotografer, apalagi itu adalah pemula tentu melakukan kesalahan adalah hal yang wajar. Bahkan fotografer yang sudah profesional sekalipun masih berpotensi untuk berbuat kesalahan. Tetapi untuk tingkat keseringan, mungkin bisa berbeda antara pemula dan profesional dikarenakan jam terbang mereka. Kesalahan yang sering dibuat oleh fotografer pemula biasanya dimulai pada hal yang remeh hingga yang besar. Namun, kesalahan tersebut dapat menjadi media yang sangat ampuh untuk bisa berbenah dan mengevaluasi diri. Sehingga dapat belajar lebih baik lagi. Kehadiran media sosial dan pengguna yang semakin rajin melakukan upload foto pun menjadi salah satu faktor yang menyebabkan fotografi menjadi semakin digandrungi. Ditambah lagi akan fitur-fitur baru yang semakin mempermudah akan terus berkembang seiring kemajuan teknologi.

Serba Serbi Dunia Fotografi Yang Belum Diketahui Pemula

Dunia fotografi yang tidak sempit, akan membuat para fotografer pemula untuk memperoleh pengetahuan akan seluk beluk fotografi secara sedikit demi sedikit. Hal itu akan membantu calon fotografer profesional semakin memahami dan mantap untuk membidangi dunia tersebut.

  1. Latihannya Mahal
    Bagaimana tidak mahal? Anda harus menyiapkan kamera, lensa-lensanya, biaya transport ketika melakukan hunting foto secara outdoor, dan perlengkapan-perlengkapan pendukung fotografi lainnya. Oleh karena itu, perlu adanya keseriusan dan kekonsistenan dalam mempelajarinya. Sehingga apa yang Anda lakukan tidak berakhir sia-sia.
  2. Jangan Terlalu Mengandalkan Sosial Media
    Anda pasti mengharapkan untuk mendapatkan masukan berupa saran maupun kritik yang membangun pada hasil fotografi Anda dengan mengupload foto-foto tersebut di sosial media. Namun perlu disadari bahwa pengguna sosial media sangatlah banyak. Anda harus siap menerima masukan sebanyak mungkin, dari yang memberi pujian hingga kritik pedas. Tetapi saking banyaknya masukan, justru berpotensi untuk bisa menghilangkan jati diri Anda. Lebih baik jika Anda terus berlatih, mengeksplor kemampuan secara bebas, dan meminta masukan pada profesional.
  3. Proses Belajar yang Sulit
    Sulit, tetapi dengan tidak cepat putus asa untuk menimba ilmu, maka belajar yang sulit tersebut akan membuat Anda kecanduan dan semakin seru. Karena menyerah dalam proses belajar tak jarang mengahantui dan menjadi kesalahan yang sering dibuat oleh fotografer pemula. Kemampuan Anda dapat berkembang jika Anda mengusahakan diri sering melakukan hunting foto.
  4. Peralatannya Berat
    Alat-alat fotografi tidak semata kamera saja. Perangkat-perangkat lainnya yang dapat membantu Anda memberikan hasil gambar yang memuaskan tidak sederhana. Beberapa lensa, aksesoris-aksesoris fotografi, belum lagi ditambah dengan medan yang sulit Anda capai. Nah.. tentu untuk mencapai medan tersebut sembari membawa alat-alat fotografi tidak mudah.
  5. Ketepatan Perlengkapan Anda
    Hal ini penting untuk bisa mendukung hasil foto yang memuaskan. Untuk mempunyai perlengkapan fotografi yang lengkap, sebaiknya Anda mulai mencicilnya dan mengutamakan perlengkapan-perlengkapan yang penting terlebih dahulu.

Kesalahan Remeh Fotografer Pemula, Tapi Fatal Akhirnya

  1. Foto Blur
    Tidak jelasnya gambar karena blur yang diakibatkan posisi kamera yang tidak stabil atau bergoyang tak dapat menghasilkan foto yang memuaskan. Usahakan ketika memegang kamera, jangan bergerak atau bisa menggunakan perangkat yang dapat menahan kamera tidak bergerak. Jangan lupa untuk menaikkan pengaturan ISO pada kamera Anda.
  2. Baterai Habis
    Kesalahan yang sering dibuat oleh fotografer pemula ini banyak sekali ditemukan. Baterai habis biasanya karena kebiasaan sering melihat-lihat foto hasil jepretannya.  Namun saat ini Anda bisa menanggulanginya dengan baterai grip, yakni penambahan baterai cadangan pada kamera Anda.
  3. Memori Penuh
    Kepenuhan memori memang sering sekali terjadi karena bertumpuknya foto-foto Anda. Sehingga untuk mencegah dari masalah ini, lakukan persiapan matang berupa pengecekan sebelum keberangkatan hunting foto.  Membawa memori cadangan atau memindahkan foto-foto terlebih dahulu ke komputer atau harddisk.
  4. Membawa Kamera dengan Memegang Lensa
    Lensa menjadi perangkat yang utama untuk bisa mendapatkan hasil gambar berkualitas baik. Namun jika lensa sudah tersentuh oleh tangan, maka sidik jari Anda akan menempel di lensa tersebut yang dapat mengganggu hasil foto nantinya.
  5. Ragu Dekat Dengan Objek
    Ragu yang disebabkan oleh rasa malu atau takut biasanya datang pada fotografer pemula yang akan memotret. Karena hasil gambar yang maksimal, jika Anda berani mendekati objek foto dan berhasil mendapatkan fokusnya.
    Dari kesalahan yang sering dibuat oleh fotografer pemula tersebut, akan membuatnya menjadi lebih berpengalaman. Hal tersebut dibarengi dengan terus mengasah kemampuan seiring waktu serta melakukan latihan dan latihan demi mendapatkan skill fotografi yang ingin Anda capai. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *