Istilah-Istilah Setting Kamera Yang Harus Diketahui Dalam Dunia Fotografi

Memahami Istilah Istilah Dalam Setingan Kamera

Bagi Anda yang baru mendalami hobi baru di dunia fotografi, memahami istilah istilah dalam setingan kamera bukanlah hal yang mudah. namun seiring berjalannya waktu , hal tersebut akan dirasa tidak asing lagi. bagi Anda yang baru memulai atau awam di bidang fotografi tentu saja banyak istilah yang membingungkan. Berikut ini adalah istilah penting dalam fotografi yang harus diketahui untuk memahami istilah istilah dalam setingan kamera antara lain:

Exposure atau pencahayaan

Pencahayaan merupakan jumlah total cahaya dalam sensor digital kamera. Exposure ini dikontrol dengan aperture, ISO, dan shutter speed. Misalnya saat memotret di siang hari dengan cahaya yang terang maka akan menghasilkan gambar yang terlalu terang. Namun jika aperture terlalu kecil, ISO rendah, ditambah lagi dengan shutter speed yang pendek hasil foto akan gelap dan suram. Sehingga kunci dari fotografi adalah menyeimbangkan ISO, shutter speed, dan aperture.

Aperture atau lubang lensa

Aperture selalu mengacu pada lubang lensa yang menerangi cahaya. Aperture selalu berhubungan dengan f-stop. F-stop sendiri merupakan nama yang banyak digunakan untuk pembahasan ukuran aperture. F-stop yang tepat saat kondisi cahaya menjadi faktor utama kualitas akhir foto. Selain itu juga memunngkinkan dilakukan manipulasi untuk menciptakan efek yang artistic.

Flash atau lampu kilat

Flash merupakan sumber cahaya penting untuk memotret kondisi yang tidak mempunyai cahaya rendah atau tidak rata. Namun flash juga dapat memiliki keterbatasan sebagai sumber cahaya utama. Fotografer professional tentunya akan dapat dengan mudah memainkan trik flash.

Depth of field

Depth of field merupakan bagian yang jelas dan tidak tampak buram yang berada pada jangkauan tertentu. Depth of field juga disebut sebagai ruang tajam.

Fokus

Fokus adalah istilah dari fungsi lensa kamera. Objek yang fokus akan terlihat jernih, sedangkan foto yang tampak kabur berarti tidak fokus. Para fotografer tentu mempunyai banyak cara untuk menyesuaikan fokus hingga memanipulasinya. Saat ini beberapa kamera canggih telah didukung dengan fokus otomatis yang akan menjaga objek tetap fokus.

ISO

ISO adalah International Standard Organization atau badan yang mempunyai wewenang menetapkan kategori film dalam dunia fotografi. ISO merupakan suatu ukuran untuk sensitivitas cahaya.

Shutter speed

Shutter speed adalah bagian yang tidak dapat dipisanhkan dari aperture dan ISO seperti yang telah dijelaskan di awal. Shutter speed juga berpengaruh pada pencahayaan objek.

White balance

White balance akan menunjukkan perbedaan yang menarik antara mata manusia dengan kamera. Saat melihat benda putih, mata manusia akan akan menafsirkan isyarat pencahayaan dan menghitung benda berwarna putih dengan cepat. Sedangkan kamera tidak bisa melakukan hal tersebut. Namun Anda bisa memaksakannya menggunakan white balance.

Post processing

Setelah mengambil foto dengan kamera digital, bukan berarti Anda telah mendapatkan hasil akhirnya. Masih ada photoshop yaitu software pengolahan foto yang sangat terkenal. Bahkan dapat mengubah dan memanipulasi foto sesuai dengan keinginan. Untuk pemula photoshop dapat digunakan untuk menyesuaikan cahaya pencerahan, kontras, hingga kesimbangan warna. Bagi yang suda mahir atau terbiasa mengaplikasikan photoshop akan lebih mudah untuk memainkan warna atau efek khusus pada foto.

Lens

Lensa terdiri dari cermin yang dapat mengganti benda menjadi bayangan terbalik, diperkecil, atau nyata. Lensa sendiri menjadi bagian penting dari sebuah kamera. Maka sangat penting untuk memperhatikan panjang fokus pada lensa kamera. Panjang lensa kamera mempunyai ukuran satuan millimeter. Lensa berukuran 500 mm merupakan ukuran yang rata-rata bagus untuk mengambil foto di atas ketinggian 20 meter. Lensa terdiri dari dua jenis yaitu lensa wide angel yang mempunyai focal length lebih pendek untuk memotret pemandangan yang relatif dekat. Sedangkan lensa telephoto mempunyai panjang fokus hingga ratusan mm untuk membuat objek yang jauh terlihat dekat.

Itulah ulasan memahami istilah istilah dalam setingan kamera yang perlu Anda ketahui dalam dunia fotografi. Istilah-istilah tersebut memang terlihat sulit dipahami, namun Anda akan terbiasa mendengarnya saat sering menggunakan kamera dan terbiasa mengaplikasikannya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *