Ingin Membuat Studio Foto di Rumah ? Simak Caranya berikut ini

Cara membuat studio foto dengan biaya terjangkau

Dunia fotografi saat ini sangat banyak diminati oleh banyak orang. Dengan fotografi anda bisa mengkreasikan berbagai barang atau apa saja menjadi suatu seni visual yang indah. Untuk menghasilkan foto yang indah biasanya harus menggunakan studio foto agar hasilnya terlihat lebih intim dan fokus. Namun, untuk melakukan sesi pemotretan di studio biasanya membutuhkan biaya yang cukup besar. Dan untuk mengatasi hal tersebut anda bisa memulai suatu bisnis kecil dengan bakat fotografi dan semua kreatifitas anda sebagai fotografer agar masyarakat tetap bisa melakukan sesi pemotretan dengan harga yang masih terjangkau. Lalu bagaimanakah Cara membuat studio foto dengan biaya terjangkau ?

Bisnis di bidang fotografi memang sangat menjanjikan. Bagaimana tidak ? sekarang ini banyak orang yang memilih mengabadikan momen-momen berharga menggunakan jasa fotografi. Contohnya saja yaitu momen  pre-wedding, momen wisuda, momen-momen baru lahirnya sang buah hati, atau hanya ingin mengabadikan momen bersama teman dekat atau keluarga. momen-momen berharga ini sangat sayang jika tidak diabadikan. Dan momen tersebut hampir setiap hari pasti ada, jadi dunia fotografi sangat menjanjikan jika digunakan sebagai ajang berbisnis. 

Sebelum melakukan bisnis dalam bidang fotografi ada baiknya jika anda juga memiliki studio foto sebagai sarana foto studio atau foto indoor. Dan anda bisa menyimak Cara membuat studio foto dengan biaya terjangkau berikut ini :

Manfaatkan setiap Dinding Ruangan

Suatu ruangan kebanyakan memiliki bentuk yang persegi atau persegi panjang ya.. nah untuk setiap sisinya buatlah menjadi background studio. Buat yang mudah saja namun terlihat artistik. Anda bisa memanfaatkan sisi dinding satu dengan satunya menjadi berbeda dan memiliki feel fotografi yang berbeda pula.

Misalnya, anda bisa menggunakan kain besar yang berwarna hitam dan putih untuk menyelimuti dinding anda menjadi background yang monokrom, namun anda juga bisa menambahkan sedikit aksen coklat seperti guji dengan rumput kering sebagai pemanis. Namun untuk menampilkan tampilan yang dramatis anda juga bisa memberikan kain besar yang berwarna hitam pekat untuk menyelimuti dinding anda. Dengan menggunakan kain, anda bisa mengubah dinding sewaktu-waktu dengan low budget.

Anda juga bisa membuat dinding anda semakin cantik dengan menambahkan furniture-furniture yang murah namun tetap memikat. Seperti rak dinding, kapas, bulu unggas, atau sekedar boneka saja yang bisa menemani pelanggan anda untuk berfoto ria. Anda juga bisa mengkreasikan barang-barang yang sudah tidak terpakai menjadi properti fotografi yang indah. Misalnya saja keranjang buah yang sudah tidak terpakai atau tabung bekas wadah obat yang bisa anda tata sedemikian rupa.

Menggunakan Karpet yang berwarna Polos

Karpet merupakan aksen yang sangat penting untuk menutupi lantai keramik yang terlalu terekspos. Anda bisa menggunakan karpet yang polos sehingga bisa  menghemat biaya. Karpet yang polos juga banyak macamnya, pilih saja karpet yang murah untuk melapisi lantai.

Menggunakan Kamera dan Pencahayaan Milik Sendiri

Sebagai pebisnis pemula gunakan saja kamera dan pencahayaan milik sendiri terlebih dahulu, sebagai pendukungnya anda bisa menggunakan cahaya lampu yang lumayan berdaya besar untuk mendukung pencahayaan yang bagus. Gunakanlah peralatan fotografi yang anda punyai terlebih dahulu. Jika usaha anda sudah lebih maju anda bisa mengupgrade peralatan fotografi anda. 

Agar foto terlihat bagus, gunakan kemampuan editing anda sebagai penunjang agar foto yang dihasilkan lebih bagus. Gunakan fitur editing dengan tidak berlebihan. Gunakan saja fitur pencahayaan dan kontras atau anda juga bisa menggunakan sedikit pewarnaan yang bisa mendukung keindahan suatu karya fotografi. 

Editlah senatural mungkin, jangan menambahkan efek yang terlalu banyak karena hanya akan menimbulkan foto yang  ”norak” atau tidak bagus dipandang. Semua yang berlebihan tidak baik tak terkecuali dalam dunia fotografi. 

Diatas tadi merupakan Cara membuat studio foto dengan biaya terjangkau untuk para fotografer muda yang ingin mengembangkan bakatnya ke dunia bisnis. Tetap semangat dan selalu optimis dalam mencapai tujuan. Perkuat promosi dan marketing anda agar bisa menarik pelanggan untuk mencoba datang ke studio foto milik anda. Gunakan metode diskon atau give away untuk menarik minat pelanggan untuk mencoba dan datang kembali untuk menikmati jasa fotografi milik anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *