Hal Unik Awal Mula Kamera Digital Hingga Kini

Sejarah Kamera Digital

Berbagai kemajuan yang terdapat dari sebuah kamera sehingga dapat digunakan dalam mendukung pekerjaan manusia, baik dalam hal hukum yaitu menguak kasus kejahatan hingga menjadikan tampilan dari dunia entertainment terlihat sempurna. Semua berkat kecanggihan yang dimiliki oleh sebuah kamera. Namun tahukah anda jika sebuah kamera pada awalnya sangat rumit dalam penggunaannya.

Sejarah kamera digital dimulai saat ditemukan awal mulanya dulu, dimana kamera pada saat itu meski repot dan rumit dalam penggunaannya adalah karena kita sudah terbiasa dengan sesuatu yang serba praktis saat ini. Disisi lain mereka yang hidup jaman sebelumnya begitu menikmati kamera yang ada pada waktu itu tentunya. Yuk simak bagaimana sih sejarah kamera pada awalnya dulu hingga kamera yang ada dalam genggaman anda saat ini yang sudah sangat berbeda jauh dengan kamera masa-masa sebelumnya.

Periode masa Kamera Obscura

Ternyata kamera pertama kali ditemukan oleh seorang ilmuwan muslim bernama Al Haitam atau juga dipanggil AlHazen. Nama kamera saat itu Obscura yang artinya kamar gelap karena diangkat dari sebuah konsep menggunakan lubang kecil pada kotak gelap  dengan sinaran cahaya dan dapat menghasilkan gambar. Kamera ini ditemukan pada tahun 1000 M dan dilanjutkan dengan penulisan sebuah buku oleh Alhazen tentang optic dalam bukunya berjudul kitab Al Manazir yaitu sebuah buku yang membahas akan percobaannya dalam meneruskan cahaya kedalam sebuah lubang kecil sehingga menembus kotak gelap dan menghasilkan gambar.
Perkembangan selanjutnya diteruskan pada tahun 1571 hingga 1636 M, oleh Joseph Kepler dengan memaksimalkan penggunaan lensa negatif yang terdapat di belakang lensa positif yang memungkinkan perbesaran proyeksi gambarpun terjadi. Inilah awal mula metode dalam sebuah kamera yang digunakan untuk lensa bagi kamera jarak jauh yang ada saat ini.

Periode kamera Compact dan Canon

Perkembangan kamera selanjutnya dilanjutkan hingga menghasilkan perbesaran gambar dengan hasil yang jauh lebih tajam. Kamera Compact yang dikembangkan oleh Oskar Barnack dengan menggunakan film hingga 35 mm. Namun perjalanan kamera terhenti pada prototype kamera Ur Leica, yang dikarenakan oleh perang dunia pertama di tahun 1913. Namun setelah itu di tahun 1923 kamera mulai diperjualbelikan dengan hasil foto yang sudah memuaskan para penggunanya. 
Sejarah kamera digital selanjutnya dilanjutkan dengan produk Canon yang merupakan kamera yang dikembangkan di Jepang yang merupakan adopsi dari teknologi kamera Ur Leica. Yang pada akhirnya setelah perang Korea berakhir, banyak veteran Jepang saat itu membawa kamera Canon ke Amerika.

Periode kamera TLR dan SLR

Pada tahun 1928 muncullah kamera dengan model TLR  atau singkatan dari twin lens reflex ini merupakan kamera yang sangat popular pada masanya hingga bertahan sebagai satu-satunya kamera yang sangat mendapat peminat saat itu. Dengan dilengkapi oleh 2 lensa objektif yang memiliki fokal dengan panjang yang sama. Perkembangan lalu berlanjut oleh penemu kebangsaan eropa, pada kamera jenis SLR dengan film 35 mm dengan jenis Kine Exakta. Dengan memiliki satu lensa yang dikombinasi oleh sebuah sensor gambar dengan sistem digital.

Periode Kamera Digital

Kamera digital tidak menggunakan roll film namun mampu menyimpan foto yang ditangkap pada kartu memori sebagai penyimpanan eksternal dan memiliki resolusi yang sangat tajam dari generasi sebelumnya. Inilah jenis terbaru sejarah kamera yang sebagian besar ponsel saat ini telah memiliki spesifikasi kamera dengan tingkat pixel yang tinggi. Juga ponsel yang dilengkapi dengan Bluetooth, wifi juga infra red sehingga sangat membantu dalam memudahkan pengiriman foto maupun video. Pada 1988 Jepang memprakarsai perkembangan kamera digital yang dikenal Fuji DS 1P dengan kapasitas memori 16 MB. 
Perusahaan Fuji mulai memasarkan kamera digital pada 1989 dengan model Dycam Model 1 namun mengalami kendala dalam pemasaran karena tingkat resolusi yang rendah yang dihasilkan kamera. Pada 1992 lahirlah Logitech Fotoman dengan spesifikasi yang lebih maju dari generasi sebelumnya. Selanjutnya pada 1991 masyarakat mulai dapat memiliki kamera digital Kodak DCS 100 dengan memiliki resolusi 1,3 MP dengan harga yang sangat terjangkau saat itu.
Sejarah kamera digital hingga saat ini sudah sangat beragam. Harga yang ditawarkan juga sangat bersaing. Tentu saja keleluasaan anda dalam memilih kamera sesuai kebutuhan sudah sangat mudah. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *