Bagaimana Cara Memotret Alam dan Pemandangan Agar Terlihat Menarik?

Tips Memfoto Alam Dan Pemandangan

Pemandangan alam selalu punya cerita yang menarik untuk diabadikan. Menangkap alam dalam sebuah lensa bagi beberapa orang mungkin terasa sulit dibanding menangkap gambar manusia, apalagi untuk pemandangan dengan objek benda mati. Banyak orang yang merasa bahwa gambar mereka jadi ikut mati, tidak hidup dan memiliki cerita.
Ada banyak jenis pemandangan alam yang bisa kita abadikan di luar sana, misalnya pemandangan gunung, pantai, air terjun,goa, ataupun padang rumput. bagi sebagian orang mungkin merasa lebih mudah menangkap gambar padang rumput yang memiliki kuda dibanding gambar padang rumput saja. Beberapa tips di bawah ini semoga membantu Anda-Anda yang sedang ingin menangkap alam ataupun pemandangan.

Mencari Momen

Meskipun gambar pemandangan Anda berisi benda mati, Anda dapat mencari momen yang dapat menjadi atensi utama dalam mengambil gambar. Pemandangan ketika terjadi sunset atau sunrise misalnya. Momen-momen tersebut memiliki keadaan yang indah ketika Anda lihat secara langsung. Nah, Anda dapat mengabadikan momen indah tersebut sebagai salah satu ide untuk foto pemandangan Anda. Adanya pergantian warna langit tersebut menjadi suatu hal yang menarik untuk disimpan dalam memori banyak orang. Sunset atau sunrise memiliki cerita tersendiri bagi orang lain, itulah yang membuat momen tersebut akan terlihat hidup ketika diabadikan. Selain sunset dan sunrise, momen adanya pelangi akibat pembiasan cahaya pada air terjun dapat Anda jadikan referensi. Ini jika Anda ingin ada yang lebih menarik dalam foto air terjun Anda.

Gunakan Sudut Pandang Lain

Kebanyakan foto diambil dari sudut pandang yang mainstream, itulah yang membuatnya kurang menarik. Carilah sudut pandang yang lain daripada yang kebanyakan orang lakukan. Jangan mengambil dengan posisi itu-itu saja, objek di tengah, dengan kamera sejajar dengan tinggi mata. Anda dapat mengambil gambar dari posisi atas misalnya, jika orang kebanyakan berpikir untuk mengambil gambar dengan posisi depan. Anda juga dapat mengambil foto dari bawah untuk mendapatkan foto full object length. Selain itu, pengaturan jarak Anda dengan objek yang akan Anda ambil dapat Anda pertimbangkan juga.

Pendalaman Eksposur

Ketajaman gambar suatu pemandangan bisa Anda dapatkan dengan pengaturan kecepatan yang lambat. Hasil tangkapan dengan laju lambat akan menciptakan fokus yang lebih besar pada suatu objek.yang perlu Anda perhatikan dalam pengambilan gambar secara long exposure pengaturan kecepatan, pengaturan fokus ruang dalam frame, pengaturan ISO yang tepat, dan pengaturan natural density filter.

Foto secara Vertikal

Apa yang dapat Anda hasilkan jika Anda memfoto suatu panorama dengan mode portrait? Anda akan menangkap baik dataran hingga ke langit. Jarak foto Anda akan meninggi. Anda dapat menangkap pemandangan yang ada di daratan sekaligus yang ada di langit. Tiga unsur baik middleground, foreground dan background bisa Anda dapatkan sekaligus. Misalnya Anda memfoto pemandangan suatu kapal yang tengah berlayar dengan burung-burung yang sedang terbang di langit sekaligus tekstur pasir pantai yang masuk sekaligus dalam frame Anda. Suatu pemandangan yang sayang untuk dilewatkan bukan?

Fitur Polarisasi

Jika Anda merasa gambar yang Anda hasilkan memiliki warna yang kurang menarik. Penggunaan fitur polarisasi dapat membantu Anda dalam menghasilkan warna dan kontras yang menarik. Anda akan merasa bahwa padang rumput yang Anda abadikan lebih hijau atau gambar apel masak yang Anda tangkap lebih terang dan menarik untuk dilihat. Pengaturan warna dan kontras pada fitur polarisasi akan menghasilkan warna-warna yang menggugah dalam foto pemandangan Anda.

Gunakan Tripod sebagai Alat Bantu

Last, aksesori fotografi yang Anda butuhkan adalah tripod. Dalam memotret pemandangan yang tenang, fotografer juga harus tenang apalagi jika Anda mengaktifkan mode ketajaman pada long exposure. Adanya tripod dapat membantu Anda dari goncangan yang dapat mempengaruhi kualitas hasil dari foto pemandangan yang akan Anda abadikan.
Itulah beberapa tips yang bisa saya bagi untuk Anda-Anda yang mau berburu alam dan pemandangan.
Selamat hunting pemandangan dan carilah pemandangan yang out of the box, pemandangan tidak hanya pantai dan gunung, bahkan arsitektur dan tempat-tempat umum bisa dijadikan pemandangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *