8 Tips Mudah Belajar Fotografi Menggunakan Handphone Untuk Pemula

Tips Fotografi Dengan Handphone

Belajar fotografi bagi pemula, tidak harus selalu menggunakan kamera pada umumnya. Menggunakan kamera handphone kenapa tidak ! Tentu saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu, dan jangan asal jepret, agar hasilnya baik dan juga bagus. Berikut ini akan dibahas tentang tips fotografi dengan handphone yang perlu Anda ketahui :

Mengenal kemampuan kamera pada ponsel Anda

Hal pertama dalam tips fotografi dengan handphone, adalah mempelajari resolusi kamera yang handphone Anda miliki. Perhatikan dan pelajari juga jenis lensa, ukuran aperture, resolusi tertinggi, ukuran ISO, baik digunakan pada malam atau siang hari, serta hal-hal lainnya. Tidak ada salahnya jika mempelajari apakah ponsel Anda, sudah didukung oleh support mode HDR mampu memotret objek dalam kondisi minim cahaya dan lain-lain.

Pelajari dan coba berbagai setting yang ada di ponsel

Di dalam fitur kamera ponsel, pasti terdapat berbagai macam setting. Pelajari dan coba berbagai macam setting tersebut. Dengan demikian Anda akan mengetahui manfaat dari digunakannya HDR mode, panorama mode, portrait mode dan yang lainnya.
Tidak ada salahnya jika Anda juga mencari dan mempelajari efek foto yang ada di kamera ponsel, seperti efek hitam putih, efek sepia, efek negatif foto, efek bokeh dan yang lainnya. Dengan mempelajari hal-hal tersebut, akan memudahkan anda dalam mengembangkan ide, ketika menemukan objek foto menarik dalam suatu momen tertentu.

Belajar dasar komposisi foto

Seperti namanya komposisi foto, artinya adalah susunan gambar dan batasan ruang yang ada. Artinya dalam hal ini, Anda akan belajar menyusun aneka elemen objek foto yang penting dan yang akan diambil. Tujuannya adalah untuk mengatur mood dalam sebuah foto agar tercipta keseimbangan antara objek yang ada di dalam foto dengan sekitarnya. 
Teknik seperti ini, juga akan membantu Anda dalam melatih kepekaan, dalam menangkap elemen atau moment menarik yang pas untuk dijadikan sebagai objek foto. 

Mengenal exposure

Sebagian dari Anda pasti belum mengenal apa itu exposure, dan bagaimana cara memanfaatkannya. Dalam dunia fotografi sendiri ada yang disebut dengan under exposure dan over exposure. Ini adalah hal yang akan mengatur seberapa banyak cahaya yang akan jatuh atau masuk ke dalam film atau sensor gambar. Karena hal ini akan mempengaruhi seberapa terang atau gelap foto yang akan dihasilkan oleh kamera tersebut. 
Fitur ini tidak hanya terdapat pada kamera umum, seperti mirrorless dan DSLR saja, namun juga ada pada kamera HP. 

Perhatikan arah cahaya 

Salah satu tantangan umum, ketika akan mengambil gambar adalah teknik pencahayaan. Apalagi jika Anda tengah mengambil objek alami. Maka Anda perlu memperhatikan arah cahaya yang ada, agar hasil atau objek terlihat jelas, jernih dan tampil alami. 
Lalu bagaimana jika tidak ada cahaya yang membantu Anda. Maka Anda dapat menggunakan cara lainnya, seperti menerangi objek tersebut, secara langsung, atau Anda juga dapat menggunakan flash yang ada di dalam kamera handphone. 

Peka terhadap momen menarik 

Pelajari sekitar Anda, dan cari tahu berbagai macam hal yang menarik perhatian, dan terlihat bagus ketika dibidik. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan mode panorama atau juga mode HDR di kamera ponsel. Tapi jika Anda menemukan objek mini, dan ingin memotretnya, maka pastikan kamera ponsel Anda sudah dilengkapi dengan kamera macro, atau setidaknya mempunyai efek bokeh / efek background blur. Sehingga objek yang akan dibidik dapat terlihat lebih jelas, tanpa fokus pada hal lainnya. 

Ambil sebanyak mungkin foto

Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan burst mode, ini adalah fitur yang akan mempermudah Anda mengambil lebih banyak foto, dalam 1 kali jepretan. Karena Anda tidak akan pernah tahu, foto mana yang akan terlihat bagus, ketika sedang dipotret. 

Menggunakan mode panorama 

Ini adalah salah satu mode yang umum ada di aneka jenis kamera, dan juga ponsel. Fitur yang satu ini, fungsinya untuk mengambil foto landscape. Pastikan tangan Anda stabil ketika mengambil objek foto, agar kualitas jepretan, foto panoramic yang ada sempurna. 
Dalam belajar berfoto, tidak ada salahnya jika Anda juga bereksperimen pada setiap angle, memanfaatkan fitur auto fokus dan yang lainnya. Pastinya dengan mengetahui dan mempelajari tips fotografi dengan handphone di atas, Anda dapat belajar banyak, untuk menghasilkan foto terbaik.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *