4 Tips Foto Bokeh Agar Membuat Foto Lebih Bagus dari Foto Biasa

tips memfoto bokeh

Foto bokeh adalah salah satu teknik dalam fotografi yang membuat foto jadi lebih bagus daripada foto yang biasa tidak menggunakan foto dengan efek bokeh. Lalu, bagaimana caranya membuat foto dengan efek bokeh sehingga hasilnya lebih bagus? Berikut beberapa tips foto bokeh sehingga membuat foto menjadi lebih ciamik dari foto biasa.

Teknik Dasar Foto Bokeh

Awal sekali Anda harus belajar dan mengetahui prinsip dasar foto bokeh agar mudah menerapkannya nanti ketika terjun ke lapangan untuk mengambil gambar. Bokeh ternyata berasal dari Bahasa Jepang yang artinya serupa. Penerjemahannya sekarang dalam dunia fotografi, bokeh lebih serupa dan berkembang artinya menjadi sama dengan blur. 

Prinsip awal tips foto bokeh adalah menjadikan satu objek setajam mungkin dan menjadikan background atau sisanya seblur mungkin atau tidak fokus. Banyak yang juga yang menyebut teknik foto bokeh dengan selective focus, sebab nantinya Anda memilih mana objek yang akan dipotret lebih jelas dan mana objek yang akan dijadikan seolah-olah kabur atau blur.

Tidak usah takut, foto bokeh dapat dibuat menggunakan kamera dari HP sama baiknya dengan kamera fotografi. Semuanya tergantung skill Anda dan sejauh mana Anda menerapkan prinsip awal dan teknik dasar dari foto bokeh itu sendiri.  

Lebih Dekat dengan Objek yang Ingin Anda Buat Jelas dalam Gambar

Langkah selanjutnya dalam menerapkan tips foto bokeh adalah ketika mengambil gambar objek yang ingin Anda buat jelas dalam frame, maka ambilah gambar objek tersebut sedekat mungkin. Kira-kira sedekat 1,5 hingga 2,5 meter dengan objek yang ingin dibuat jelas. Yang perlu diingat adalah jangan memakai zoom, tapi Anda yang sesungguhnya harus mendekat bukan zoomnya. Jika menggunakan zoom, maka sama saja itu bukan teknik foto bokeh karena biasanya hasilnya tidak akan terlihat bokeh.

Bila objeknya adalah manusia, ambilah foto bokeh secara portrait. Foto portrait terkenal dengan objek dan kira-kira ambil objek foto portrait Anda sampai bahu atau separuh badan. Dan terakhir, sisanya kecuali objek yang dekat dengan Anda jangan lupa dibuat blur. Jika dalam kamera smartphone masa kini, biasanya dapat menggunakan dengan menekan pada objek ketika mengambil gambar, lalu mengatur sebanyak apa cahaya di dalam gambar yang kita ambil maka otomatis sisanya akan menjadi blur. Cekrek foto bokeh pun sudah jadi.

Menjauhkan Jarak Objek Foto dengan Background

Tips foto bokeh yang pada prakteknya agak sulit yaitu mengatur blur yang ingin dibuat. Caranya adalah mengatur jarak objek foto yang dibuat jelas dengan backgroundnya. Jika ingin berhasil menciptakan efek blur maka backgroundnya janganlah terlalu dekat. Background akan semakin jelas jika kita mengambilnya semakin dekat dengan objek foto dan hasilnya akan sama jelasnya dengan objek foto. Jauhkanlah objek foto dari backgroundnya sehingga efek bokeh akan mulai terlihat. 

Ingat, prinsip awal tips foto bokeh adalah semakin blur maka itu tandanya semakin halus bokeh yang dibuat maka gambar yang diambil akan semakin menarik.

Kurangi Keramaian dalam Satu Frame

Background yang ramai dengan objek foto biasanya akan membuat foto tidak bokeh. Prinsipnya foto bokeh akan terlihat bila objek manusia yang akan dibuat jelas hanya terdapat 2-3 orang saja dan harus sejajar. Bila objek manusianya lebih dari itu maka backgroundnya akan tidak terlihat bokeh. Jadi, hindari background yang ramai serta objek yang terlalu banyak maka foto bokeh dijamin akan semakin terlihat.

Rule of Third dan Menggunakan Aplikasi Edit Foto untuk Hasil Akhir

Jangan lupa untuk menerapkan tips sederhana ini yaitu aturan Rule of Third, dimana dalam kamera handphone Anda terdapat 3 kotak yang disisakan untuk background yang blur sedangkan 6 sisanya untuk objek foto yang ingin dibuat jelas. Terakhir, langkah tips foto bokeh yang terakhir adalah menggunakan aplikasi edit foto yang akan membuat foto Anda jadi semakin bokeh. App Edit yang populer untuk mengedit foto dan menghasilkan foto yang ciamik adalah dengan menggunakan PicsArt, AfterFocus, Lens Blur, dan masih banyak lagi. 

Semoga Anda bisa menerapkan 4 tips foto bokeh yang sudah dijelaskan, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *