4 Cara Merawat Lensa Kamera Supaya Awet dan Tidak Mudah Rusak

cara merawat lensa kamera

Lensa kamera fotografer adalah barang yang sangat sensitif sehingga pemiliknya harus mengetahui cara merawat lensa kamera supaya awet dan tidak mudah rusak. Selain sebagai tindak pencegahan, perawatan yang dilakukan juga agar kamera berfungsi dengan baik sehingga tidak menghasilkan bidikan yang blur atau jelek ketika mengambil gambar, hanya karena gagal merawat lensa kamera fotografer dengan baik. Simak tips berikut mengenai 4 cara merawat lensa kamera supaya awet dan tidak mudah rusak.

Atur Kebersihan Lensa Kamera 

Tips pertama dan yang paling utama dalam cara merawat lensa kamera fotografer dengan baik adalah teliti dalam mengatur kebersihan lensa kamera. Lensa kamera adalah barang yang sensitif maka secara rutin harus dibersihkan dan membersihkannya pun jangan sembarangan. Dalam membersihkan lensa kamera jangan menyentuhnya langsung dengan jari atau tangan. Gunakan stik khusus sebagai pengganti jari tangan serta lap kain pembersih khusus (lap microfiber) untuk membersihkan bagian optik lensa. Jangan gunakan tisu basah karena tisu basah mengandung air sehingga lensa kamera rawan berjamur. Tisu basah pun adalah bahan bertekstur yang dapat membuat lensa kamera tergores dan baret. 

Sekali lagi, teliti dalam urusan membersihkan lensa kamera Anda, ya. Bersihkan pula perangkat lain selain lensa kamera seperti sensor kamera dan body kamera yang berbahan dasar karet menggunakan minyak kayu putih. Gunakan blower untuk membersihkan perangkat tersebut atau bawa ke service center bila Anda takut untuk merusak bagian-bagian yang penting dalam kamera ketika membersihkannya.

Tempat Penyimpanan Lensa Kamera

Detail khusus untuk membuat lensa kamera agar awet dan berfungsi dengan baik adalah bagaimana dan dimana Anda menyimpan kamera ketika tidak digunakan, serta ketika dibawa ke tempat Anda menggunakan kamera tersebut. Jangan menaruh kamera di tempat yang lembab karena Indonesia adalah negara tropis yang bisa membuat kamera Anda berjamur. Perhatikan dimana Anda menyimpan lensa kamera. Ketika tidak digunakan, simpanlah lensa kamera dalam lemari khusus dan ditaruh di dalam silica gel. Ketika membawa kamera untuk keperluan pemakaian, gunakan tas khusus untuk menyimpan lensa kamera. Bila perlu gunakan dry box atau dry cabinet agar kamera dan lensa kamera terhindar dari kelembaban dan cuaca yang ekstrim ketika pemakaian. Gunakan juga sarung tas anti hujan ketika musim hujan dan Anda harus membawa kamera ke mana-mana.

Teliti dalam Pemakaian Lensa Kamera

Langkah selanjutnya adalah teliti dan hati-hati dalam pemakaian lensa kamera, apalagi ketika saat bongkar pasang kamera seperti membuka lensa dan mengganti lensa. Kenali dan ingat-ingat dimana titik kunci pada lensa kamera dan body kamera yang membuat bongkar pasang kamera menjadi aman. Treatment-treatment khusus juga diperlukan agar lensa kamera dapat awet dan terlindungi seperti tidak lupa memasang penutup lensa ketika kamera sedang tidak digunakan. Jangan lupa juga ketika kamera mau dimatikan, ubah setting tombol AF dan VR ke mode manual karena manual mode tidak akan merusak kinerja motorik lensa pada saat kamera mati.

Ketika Anda harus mengambil gambar di lapangan atau di luar ruangan, pakailah filter lensa dan lens hood untuk melindungi lensa kamera dari debu dan benturan ringan. Filter yang netral digunakan di luar ruangan atau lapangan biasanya adalah filter UV. 

Jangan Memaksakan Memakai Filter Lensa Terlalu Kuat

Peringatan sedikit untuk pemakaian filter kamera, jangan memasang filter terlalu kuat. Terlalu kuat memberikan kesan seolah dipaksakan dan hal yang dipaksakan hasilnya tidak akan baik. Lensa yang tidak membutuhkan pemasangan filter yang kuat adalah lensa kit yang masih memakai sistem rotating lens seperti Nikon 18-55 mm atau Canon. Lensa yang dipasang terlalu kuat akan dapat merusak motor yang berada dalam lensa kamera, sehingga pemotretan yang dilakukan menggunakan kamera yang motor lensanya rusak akan tidak maksimal. Jadi, hati-hati, ya untuk urusan pemakaian lensa kamera.

Berikut adalah penjelasan mengenai 4 cara merawat lensa kamera supaya awet dan tidak mudah rusak, semoga artikelnya bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *